Image

hari ini, ku mulai mnyusuri jejak setiap langkah kehidupan. Melintasi jalan yang sesungguhnya sulit ku tempuh sendiri. Ku tak pernah bermimpi akan perjalanan hidup ini, tapi keyakinan yang telah engkau tanamkan pada hati ini membuat ku sadar dan percaya ini bukan merupakan akhir dari semuanya. KIni, engkau telah sampai pada tempat peristirahatnmu, tempat yang tak bisa aku jangkau ketika ku ingin menemuimu. Asa ini mungkin telah pupus karena kehilangan cahya mu,  tapi semangat dan perjuangan yang telah engkau ajarkan membuat kaki ini masih mampu berpijak.

engkau adalah sosok yang selalu aku banggakan. sosok yang selalu mampu menjadi penyemangat hidup terbesarku. engaku adalah mentor yang mampu mengajarkan ku bagaimana memaknai kehidupan ini. mungkin di dunia ini tak ada yang sepertimu, sosok yang begitu sederhana, sabar, dan selalu bekerja keras demi menunaikan kewajibanmu. engkau adalah sosok idolaku. engkau selalu disampingku bahkan dari awal ku membuka mata di dunia ini. kemudian engkau ajarkan aku melangkahkan kaki ini secara perlahan sampai akhirnya ku mampu mencapai rangkulanmu. rangkulan yang kini sangat aku rindukan.

hari demi hari yang telah ku lalui bersamamu membuatku ingin seperti dirimu. sosok yang di hormati oleh setiap orang karena suri tauladanmu. engkau tak pernah mengeluh dengan kerasnya hidup ini, engkau selalu menampakkan senyuman indah diwajahmu ketika engkau berada di tengah-tengah kami. mungkin ketika masih kanak-kanak ku belum mengerti betapa sulitnya hidup ini. namun seiring pertumbuhanku, membuatku belajar bagaiman cara engkau menghadapi setiap situasi yang terjadi.

aku mungkin hanya anak ingusan yang bisa menangis ketika roda kehiidupan mulai berputar. masih teringat dibenaku dengan jelas setiap cucuran keringat yang menete dari tubuhmu demi kami anak-anakmu. dari kecil engkau mengajarkan ku menjadi anak yang sederhana, bukan anak yang manja seperti kebanyakan orang. pernah ku menangis sendiri menyesali keadaan yang terjadi. dari SD  engkau mengajarkan kami tak pernah membawa uang jajan ke sekolah bahkan sampai ku SMA didikan itu masih engkau terapkan. ku tak pernah mengelu dengan semuaya, karena ku mengerti kenapa engkau mendidik kami seperti itu. mungkin ya, terkadang ku bertanya kenapa harus seperti ini, rasa iri dengan teman sebaya tak pernah ku pungkiri. tapi semuanya sirna ketika nasihat dan pesan-pesan yang engkau siratkan pada kami. engkau mengjarkan kami untuk hidup dalam kesederhanaan, pesan yang sudah tertanam dalam diri ni dan tak akan pernah hilang meskipun sekarang ragamu sudah tak bersama kami.

engkau adalah panutanku, tak ada yang bisa seperti mu. engkau rela melakukan apapun demi kami anak-anakmu. engkau adalah seorang guru, namun engkau tak pernah tinggi hati. meskipun saat tu engkau kepala sekolah, engkau tidak malu untuk menaruh bakul di kepalamu ketika nenek mau berangkat berdagang. engkau melakukan apapun yang orang minta hanya untuk mendapatkan kepercayaan dari orag sehingga ketika kesulitan menghadapi engkau beranikan diri untuk meminta bantuan orang tersebut. mungkin orang berfikir, anak kecil hanya bisa minta uang pada orang tunya dan selalu dimanjakan dengan memenuhi kubutuhannya. tapi sayangnya keluargaku berbeda, keluargaku adalah keluarga yang luar biasa, meskipun hidup dengan kesedrhanaan, tapi semuanya tertutup dengan kebahagiaan yang kami rasakan. orangtua ku adalah idolaku, mentorku, temanku dan pahlawanku. perjuangannya mengajarkan memaknai arti hidup.

dan kini meskipun sekarang setengah raga ini telah hilang, namun semangat dan cahnya masih bersemayam di hati ini, di hati kami semua. sosoknya akan selalu menjadi motivator dan inspirator dalam kehidupanku. dia adalah ayahku, ayah yang merupakan mentorku dalam mengarungi samudrea kehidupa ini. meskipun sekarng ia sudah tak disampingku, tapi aku percaya dia akan selalu ada untukku. aku percaya komunikasi tak akan putus dengannya, karena aku masihada jembatan yang menghubungkanku dengannya. jembatanku adalah doa-doa yang yang ku panjatkan untuknya, karena ku percaya Allah SWT akan selalu menyampaikan pesan dan rinduku padanya. hati kami akan selalu terikat selamanya,,,

dear my lovely father, i hope you have reached your happiness, you have enjoyed the beauty of life there. i always pray for you,  and now i am here to reach your dreams. i am sure i can make you proud. that’s my promise. please pray for me from there, and come to me from my dreams. because i believe that you can hear my heart.